Search

Ford dan Baidu Uji Coba Mobil Swakemudi di Cina

Kendaraan sudah harus mampu menavigasi jalan tanpa ada bantuan dari pengemudi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ford Motor Co dan Baidu Inc pada Rabu (31/10) meluncurkan proyek dua tahun mereka dengan melakukan pengujian kendaraan swakemudi di jalanan Cina. Proyek digelar di tengah perlombaan global oleh pabrikan mobil dan perusahaan internet untuk mengembangkan teknologi kendaraan otonom.

Proyek akan mulai diuji pada jalan-jalan yang telah ditunjuk di Beijing pada akhir tahun ini. ''Rute lainnya kemungkinan akan merambah di kota-kota Cina lainnya,'' sebut dua perusahaan tersebut dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters, Rabu.

Mereka mengatakan kendaraan swakemudi itu akan mampu beroperasi secara mandiri dalam sejumlah kondisi tertentu pada saat proyek selesai dikembangkan dan proses pengujian rampung dikerjakan. Pada akhir periode pengujian, proyek akan mencapai apa yang disebut dengan teknologi level 4 untuk kendaraan otonom. Artinya, kendaraan dapat berjalan secara otonom, tetapi tidak dalam semua kondisi.

Itu merupakan tingkat tertinggi kedua setelah level 5. Pada level 5, kendaraan sudah harus mampu menavigasi jalan tanpa adanya bantuan sedikitpun dari pengemudi.

Ford merupakan anggota pendiri Komite Apollo, kelompok penasehat untuk platform mengemudi otonom Apollo milik Baidu. Sebelumnya ibu kota Cina telah memberi lampu hijau untuk pabrikan mobil Jerman, Daimler AG, melakukan pengujian mobil swakemudi di jalan-jalan pada Juli lalu. Langkah itu menjadikan Daimler AG sebagai pembuat mobil internasional pertama yang diberikan lisensi semacam itu di Beijing.

Let's block ads! (Why?)

from Republika Online RSS Feed https://ift.tt/2OiU6Hm

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ford dan Baidu Uji Coba Mobil Swakemudi di Cina"

Post a Comment

Powered by Blogger.