REPUBLIKA.CO.ID, SAMPIT -- Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Posko Terpadu Angkutan Laut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) di Pelabuhan Sampit Kalimantan Tengah, Kementerian Perhubungan cq. Ditjen Perhubungan Laut mencatat jumlah penumpang pada periode Nataru mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun lalu.
"Berdasarkan hasil pantauan Posko Nataru dari seminggu yang lalu menjelang liburan Natal dan Tahun Baru, total jumlah penumpang hingga hari ini berjumlah 3.084 orang atau meningkat sebesar 40 persen dibandingkan dengan tahun 2018," kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Sampit, Capt. Thomas Chandra di Pelabuhan Sampit Kalimantan Tengah, dalam rilis yang diterima Republika.co.id Selasa(31/12).
Thomas mengatakan, di Pelabuhan Sampit telah disiapkan empat kapal yang melayani angkutan liburan Nataru. Adapun keempat kapal tersebut antara lain KM. Kelimutu, KM. Kirana I, KM. Kirana III dan KM. Bhari Indonesia. "Keempatnya sudah melalui Uji Petik sebelum datangnya liburan Natal dan tahun baru," ungkap Thomas.
Dikatakannya, dalam rangka memberikan pelayanan serta pengawasan terbaik bagi para calon penumpang yang akan memanfaatkan waktu liburan tahun baru 2020, pihaknya tetap berusaha memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna jasa transpotasi laut.
"Kami bersama dengan PT. Pelindo, PT. Pelni dan PT. DLU berkomitmen untuk tetap memberikan pelayanan yang terbaik, hal ini kami lakukan hanya untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi penumpang," ujar Thomas.
Pada kesempatan yang sama, Thomas yang juga turun langsung ke terminal penumpang saat keberangkatan kapal KM. Kelimutu, menegaskan, kepada semua operator dan para nakhoda serta ABK agar memperhatikan alat-alat keselamatan seperti alat navigasi dan selalu mengutamakan keselamatan.
"Kami juga selalu berkoordinasi dan melakukan sinergi dengan instansi terkait dan Pemda setempat dalam melayani para pengguna jasa transportasi laut," katanya.
Adapun salah satu penumpang kapal KM. Kirana III Siti mengakui, kalau pelayanan di Pelabuhan Sampit sangat memuaskan terutama kesigapan para petugas serta fasilitas pelabuhan yang semakin baik. "Saya senang dengan petugas, mereka ramah-ramah dan sering menolong para penumpang termasuk yang membawa bayi. Fasilitas di Pelabuhan seperti toiletnya juga bersih," ujar Siti.
from Republika Online RSS Feed https://ift.tt/2MGilRQBagikan Berita Ini
0 Response to "Penumpang Kapal Laut di Pelabuhan Sampit Meningkat"
Post a Comment