Search

Sukabumi Luncurkan Si Jempol Goes to Campus

Pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat kini dipermudah.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat kini dipermudah. Pemkot Sukabumi menggiatkan layanan Siap Jemput Bola Pelayanan (Si Jempol) Goes to Campus untuk mendekatkan layanan pembuatan dokumen kependudukan.

Kegiatan digelar di kampus Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI), Sabtu (1/2). Program Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) ini diberikan bagi warga yang akan membuat KTP elektronik, kartu keluarga (KK), akta kelahiran, akta kematian, dan dokumen kependudukan lainnya.

Selain itu warga yang memegang surat keterangan pengganti KTP elektronik (Suket) dapat melakukan pencetakan di tempat tersebut. '' Semua layanan pembuatan dokumen kependudukan bisa dilakukan di program ini,'' ujar Kepala Disdukcspil Kota Sukabumi, Iskandar Ifhan, Ahad (2/2).

Bahkan untuk warga yang sebelumnya memegang Suket KTP elektronik bisa menukar atau mencetaknya di sana. Sebab saat ini jumlah persediaan blangko KTP ekektronik mencapai sebanyak 3.000 keping.

Sementara pemegang suket hanya sekitar 1.800 orang. Sehingga jumlah persediaan yang ada masih mencukupi. Diterbitkannya suket karena sebelumnya sempat terjadi kekosongan blangko KTP elektronik.

Iskanda menuturkan, layanan Si Jempol ini untuk memudahkan warga dalam membuat dokumen kependudukan. Di mana layanan ini diberikan dengan gratis dan dilakukan di hari libur agar warga yang sibuk pada hari kerja bisa memanfaatkannya.

'' Layanan pembuatan dokumen kependudukan dilakukan dengan mendatangi langsung warga lewat Si Jempol,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi yang memantau dan memberikan secara simbolis dokumen kependudukan kepada warga. Hal ini untuk memudahkan warga dalam layanan administrasi kependudukan.

Fahmi mengatakan, warga yang masih memegang Suket misalnya dapat mencetak KTP nya di lokasi tersebut. Data Disdukcapil saat ini terdapat 3.000 keping blangko KTP elektronik

Let's block ads! (Why?)

from Republika Online RSS Feed https://ift.tt/2UhCguV

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sukabumi Luncurkan Si Jempol Goes to Campus"

Post a Comment

Powered by Blogger.