Search

Kantor Mapolres Lampung Selatan Nyaris Habis Terbakar

Hanya tersisa 10 persen gedung dan tersisa hanya ruangan Satlantas.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Kebakaran yang melanda Kantor Mapolres Lampung Selatan pada Kamis (2/5) pukul 11.30 WIB hanya menyisakan 10 persen gedung. Ruang kerja kapolres dan pejabat tinggi Mapolres beserta dokumen dan arsip di dalam ruangan ludes terbakar.

“90 persen Kantor Mapolres Lampung Selatan ludes terbakar, termasuk ruangan pejabat utama Mapolres. Jadi hanya tersisa 10 persen saja ruangan,” kata Kepala Bidang Humas Polda Lampung AKBP Zahwani Pandra Arsyad kepada Republika.co.id, Kamis (2/5).

Menurut dia, satu ruangan yang tersisa tidak terbakar yakni Ruangan Satlantas Polres Lampung Selatan. Sedangkan ruangan kapolres dan pejabat utama Mapolres Lampung Selatan habis terbakar termasuk dokumen yang ada di dalamnya. “Terdapat juga barang bukti narkoba yang baru-baru ini disita ikut terbakar,” ujarnya.

Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto telah meninjau langsung lokasi kebakaran. Tim Puslabfor Polda Sumatera Selatan masih melakukan penyelidikan di Tempat Kejadian Perkara. “Hasil dugaan sementara kebakaran disebabkan karena hubungan arus pendek listrik,” kata Zahwani Pandra Arsyad yang akrab dipanggil Pandra.

Ia mengatakan, api yang berkobar di gedung Mapolres Lampung Selatan berasal dari ruangan Seksi Umum dan Seksi Perencanaan. Kondisi cuaca panas terik dan angin kencang, membuat percikan api terus menjalar ke berbagai ruangan lainnya, termasuk ruangan pejabat utama Mapolres Lampung Selatan.

Staf dan anggota serta sebanyak 53 tahanan di Mapolres Lampung Selatan telah dievakuasi. Tidak ada korban jiwa baik dari staf maupun tahanan. “53 tahanan dipindahkan ke Lembaga Permasyarakatan Kalianda,” ujar Pandra.

Api sempat dipadamkan setelah berkobar sekitar satu sampai satu setengah jam. Selain dua unit mobil pemadam kebakaran yang tiba di lokasi kejadian, juga bantuan dari empat mobil tangki air dari pengusaha setempat, dan bantuan dari masyarakat sekitar, turut mempercepat memadamkan api.

Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto telah memerintahkan agar pelayanan publik terkait dengan kepolisian tetap dilakukan pada hari kerja. Pemkab Lampung Selatan telah meminjamkan kantor yang berjarak 800 meter dari gedung Mapolres di Jalan Makmun Rasyid. “Pelayanan masyarakat tetap dilayani, meskipun tidak optimal,” kata Kapolda Purwadi seperti dituturkan AKBP Zahwani Pandra Arsyad.

Untuk mengetahui persis penyebab kejadian kebakaran yang menghabiskan 90 persen gedung dan kantor Mapolres Lampung Selatan, Pandra menyatakan masih menunggu hasil penyelidikan dan penelitian dari tim Puslabfor Polda Sumsel. “Tunggu saja hasil dari Puslabfor. Yang jelas tidak ada sabotase atau lainnya. Untuk sementara penyebabnya hubungan arus pendek listrik,” ujarnya. 

Let's block ads! (Why?)

from Republika Online RSS Feed http://bit.ly/2DHPVCu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kantor Mapolres Lampung Selatan Nyaris Habis Terbakar"

Post a Comment

Powered by Blogger.