Search

BRP Dompet Dhuafa Sebar Energi Spiritual Bagi Calon Perawat

Dompet Dhuafa gelar BRP untuk 50 mahasiswa Akper agar memiliki bekal hadapi pasien.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbagai kegiatan baik terus digenjot Dompet Dhuafa menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah. Kamis (2/5) lalu, Dompet Dhuafa melalui program Bimbingan Rohani Pasien (BRP) mengadakan pelatihan bagi 50 mahasiswa di lingkungan Akper Berkala Widya Husada (BWH).

“Pemenuhan spiritual bagi seorang Muslim menjadi kebutuhan dasar dan menjadi indikator manusia yang sehat secara utuh. Terlebih bagi para calon perawat yang nanti akan bertugas di rumah sakit dan berhadapan langsung dengan para pasien dengan notabene penyakit dan keluhan yang beraneka ragam," ujar senior expert Sahabat Pasien Dompet Dhuafa, Ema Khoirunisa, dalam keterangan pers yang didapat Republika.co.id, Ahad (5/5).

Dengan diselenggarakannya pelatihan BRP ini, diharapkan bisa membekali ilmu bagi para calon perawat. Nantinya saat mereka menyelesaikan pendidikan dan bekerja di rumah sakit, mereka bisa menguatkan spiritualitas pasien yang mereka tangani.

Peserta pelatihan bukan hanya berasal dari Akademi Keperawatan (Akper) Berkala Widya Husada saja, ada juga dari Akper Royhan dan Bina Husada. Materi yang dibawakan pada pelatihan BRP kali ini mengenai Fiqih Sakit dan Spritual.

"Pengetahun tentang spiritual dan bagian yang harus dimiliki bagi seorang calon perawat dan juga Fiqh Sakit sebagai ilmu terapan," lanjut Ema.

Koordinator BRP Dompet Dhuafa, Ahmad Fitroh menyebut pelatihan ini diharapkan menjadi sarana transfer ilmu pengetahuan bagi para mahasiswa. Mereka tidak hanya mendapat ilmu kesehatan tapi juga menguasai bimbingan rohani.

"Diharapkan selepas menyelesaikan pendidikan, mereka bukan hanya mumpuni dalam ilmu kesehatan saja, namun ilmu bimbingan rohani juga mereka kuasai sebagai nilai tambah. Dan berharap kedepannya mereka bisa menjadi relawan aktif di BRP Dompet Dhuafa," ujarnya.

Antusias para peserta dalam kegiatan pelatihan BRP ini juga memberikan energi untuk saling berbagi dalam menyambut Ramadhan ini. Di bulan suci penuh pahala ini, berbagi menjadi hal yang selalu dilakukan umat Muslim.

"Kegiatan ini sangat bagus buat kami selaku mahasiswa, mendapatkan wawasan baru dan semakin matang pemahaman praktek fiqihnya," ujar salah satu peserta, Nifni Aulia.

Program BRP Dompet Dhuafa ini membuka layanan bimbingan rohani reguler, Home Care, Training Islamic Spiritual, Sharing & problematika Solving dan SMS Tausiyah. Untuk program ini, Dompet Dhuafa juga telah bermitra dengan RSUP Fatmawati, RSUD Bekasi, RSUD Pasar Minggu, RSU Tangerang, RSU Balaraja, RS Jiwa Soeharto Heerdjan, dan Yayasan Rehabilitasi Al Fajr Berseri Bekasi.

Let's block ads! (Why?)

from Republika Online RSS Feed http://bit.ly/2E0PbZB

Bagikan Berita Ini

0 Response to "BRP Dompet Dhuafa Sebar Energi Spiritual Bagi Calon Perawat"

Post a Comment

Powered by Blogger.