Search

Juru Bicara Pemimpin Oposisi Rwanda Tewas

Tidak diketahui pasti bagaimana politikus berusia 30 tahun itu tewas.

REPUBLIKA.CO.ID, KIGALI -- Menurut informasi pejabat pemerintah, juru bicara pemimpin oposisi terkemuka Rwanda, Victoire Ingabire, Anselme Mutuyimana ditemukan tak bernyawa, Ahad (10/3). Tidak diketahui pasti bagaimana politikus berusia 30 tahun itu tewas.

Setelah genosida 25 tahun hingga menewaskan sekitar 800 ribu orang suku Tutsi dan Hutu, Presiden Rwanda Paul Kagame mendapat pujian internasional lantaran berhasil memulihkan perekonomian dengan aman dan cepat. Namun, ia juga mendapat banyak kecaman atas apa yang kelompok HAM katakan maraknya perlakuan kasar, pembungkaman media independen, serta penindasan terhadap oposisi politik. Tuduhan tersebut dibantah Kagame.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, sejumlah pembangkang ditemukan tewas di Rwanda dan di pengasingan dalam kasus yang belum terungkap. Pihak berwenang Rwanda mengatakan mereka sedang melakukan penyelidikan atas kematian tersebut.

"Penyelidikan dimulai. Hingga sejauh ini, belum ada tersangka dalam kasus tersebut," ujar juru bicara Biro Penyelidikan Rwanda, Modeste Mbabazi.

Kakak Mutuyimana, Augustin Tubanambazi, mengatakan kepada Reuters tidak ditemukan luka pada jasad adiknya, hanya darah keluar dari mulutnya. Pada 2010, Wakil Presiden Democratic Green Party Andre Kagwa Rwisereka ditemukan tewas.

Selanjutnya pada 2014, mantan kepala intelijen yang pernah diasingkan, Patrick Karegeya juga ditemukan tak bernyawa di sebuah kamar hotel di Johannesburg. Ingabire, yang kembali dari Belanda untuk maju dalam pemilihan presiden pada 2010, sebelumnya menjalani enam dari 15 tahun vonis penjara lantaran menghasut pemberontakan.

Mbabazi mengatakan pejabat lainnya dari partai FDU-Inkingi Jean Damascene Habarugira, dua tahun lalu juga mengalami hal serupa. Ia ditemukan tewas dan kasusnya tak pernah terselesaikan.

"Kami butuh keadilan," kata Ingabire.

Ia mengatakan, menurut gambaran para saksi, beberapa pria berpakaian polisi di sebuah mobil merah menahan Mutuyimana di daerah Mahoko barat. Kepolisian belum bisa dihubungi untuk mengomentari laporan tersebut.

Let's block ads! (Why?)

from Republika Online RSS Feed https://ift.tt/2F3Uate

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Juru Bicara Pemimpin Oposisi Rwanda Tewas"

Post a Comment

Powered by Blogger.