Search

Emil Masih Mencari Alat Pendeteksi Angin Puting Beliung

Pemprov Jabar akan bekerja sama dengan Jepang untuk mengantisipasi bencana.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Provinsi Jawa Barat (Jabar), cukup rawan terjadi angin puting beliung. Namun, menurut Gubernur Jabar Ridwan Kamil, ia belum menemukan alat pendeteksi angin puting beliung.

"Saya mengimbau pada akademisi coba ada mggak alat untuk mencegah atau mendeteksi angin puting beliung. Soalnya sepanjang pengetahuan saya belum ada," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil kepada wartawan, Senin (14/1).

Emil mengatakan, kalau ada alat pendeteksi angin puting beliung tersebut, maka akan ia beli. Karena, di Provinsi Jabar bencana alam yang terjadi setiap tahun ada 1.000 sampai 1.500 kejadian. Mayoritasnya, adalah bencana longsor sekitar 40 persennya. Kemudian, banjir, kebakaran dan angin puting beliung.

Pemprov Jabar pun, kata dia, saat ini sedang menyiapkan cetak biru kebencanaan dengan menggandeng Jepang. Sebab, selama ini Negara Sakura tersebut cukup berhasil dalam menghadapi setiap bencana.

"Kalau ada informasinya untuk mengidentifikasi angin puting beliung itu kasih tahu saya ya. Mudah-mudahan saya temukan teknologinya di Jepang," katanya.

Let's block ads! (Why?)

from Republika Online RSS Feed http://bit.ly/2DacTCF

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Emil Masih Mencari Alat Pendeteksi Angin Puting Beliung"

Post a Comment

Powered by Blogger.