Search

Persib dan Tuduhan Pengaturan Skor Itu

Manajemen Persib akan mengusut tuntas tudingan pengaturan skor.

REPUBLIKA.CO.ID,

Oleh Hartifiany Praisra

BANDUNG -- Persib Bandung dilanda isu pengaturan skor ketika melawan PSMS Medan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Jumat (9/11) lalu. Komite Eksekutif (Exco) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Yoyok Sukawi angkat suara mengenai kabar match fixing yang dilakukan Persib.

"Dua pertandingan Persib melawan PSMS Medan dan PSIS Semarang sangat penting bagi ketiga tim. Saya rasa terlalu dibuat atau mengada-ada karena pendapatannya ratusan miliar rupiah dari penonton dan sponsor," kata Yoyok saat dihubungi Republika, Selasa (20/11).

Yoyok menilai isu pengaturan skor yang ditujukan ke Maung Bandung terkesan dipaksakan. Menurut dia, hal tersebut sangat tidak mungkin dilakukan karena Persib merupakan tim yang besar, termasuk dari segi finansial. Apa lagi, kondisi penampilan Persib yang sedang menurun dan rumor tersebut menyedot isu nasional.

"Jadi, begitu dituduh menjual, saya rasa malah kasihan pemainnya dan juga tidak kondusif," ujar Yoyok. Yoyok menegaskan, PSSI menjaga seluruh pertandingan Liga 1 dengan sangat ketat. Langkah tersebut bertujuan untuk menghindari beragam pelanggaran pertandingan, termasuk match fixing.

"Ibaratnya dua pertandingan itu hidup mati ada di sana. Kalau Persib kalah, tidak juara. Kalau PSMS kalah, degradasi. Begitu juga PSIS. PSSI akan memastikan bahwa pertandingan itu berjalan fair play," kata Yoyok.

Selain itu, PSSI mengedukasi dan mengganjar hukuman kepada klub dan pesepak bola mana saja jika ada pelanggaran dalam pertandingan. Yoyok mengatakan, jika memang ada yang menuduh, tim yang terseret bisa menuntut masalah ini. Sebaliknya, jika memang hanya rumor, sebaiknya tidak perlu diperbesar polemiknya.

Untuk itu, Yoyok mengimbau agar pihak manapun tidak termakan dan terpancing dengan berita yang belum pasti kejelasannya. Ini karena akhir-akhir kompetisi merupakan masa krusial bagi semua tim kontestan Liga 1.

"Justru ini dimanfaatkan oleh orang-orang yang menyebar berita hoaks yang membuat kita (suporter) terpecah belah. Kita harus hati-hati, jangan mudah terpancing berita yang tidak benar," ujar Yoyok.

Di tempat berbeda, manajemen Persib membantah keras tudingan pengaturan skor pertandingan ketika melawan PSMS. Manajemen Maung Bandung bakal mengusut tuntas fitnah yang beredar luas tersebut.

Let's block ads! (Why?)

from Republika Online RSS Feed https://ift.tt/2QdJ0s4

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Persib dan Tuduhan Pengaturan Skor Itu"

Post a Comment

Powered by Blogger.