Search

TKDN Pertagas Baru 30 Persen

Dalam sisi hulu gas Pertagas masih membutuhkan impor komponen alat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Utama PT Pertagas, Wiko Migantoro, mengatakan saat ini Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang bisa dicapai oleh PT Pertamina Gas (Pertagas) mencapai 30 persen lebih. Wiko tak menampik dalam sisi hulu gas, memang Pertagas masih membutuhkan impor komponen alat.

"TKDN memang penting, ya, tantangannya memang membuat produksi dalam negeri lebih kompetitif dengan barang dari luar. Kita sih sudah 30 sampai 40 persen lah. Sisanya memang kita masih dari luar," ujar Wiko di Hotel Pullman, Selasa (25/9).

Wiko mencontohkan, proyek pipa di Gresem yang dikerjakan oleh Pertagas memang masih menggunakan pipa produksi dari luar. Hal ini dikarenakan, kata Wiko, harga yang didapat dari pemenang lelang jauh lebih murah dibandingkan pipa produksi dalam negeri.

Namun, kata Wiko, dalam peningkatan TKDN, Pertagas sendiri tidak sepenuhnya memastikan ketercapaian TKDN dari satu dua komponen saja. Wiko menilai, sepanjang keseluruhan proyek bisa memenuhi target TKDN, itu sudah mencukupi.

"Kita melihatnya pada akhirnya di keseluruhan produk sih. sepanjang itu masih dipenuhi kita akan penuhi supaya nggak kena sanksi. kita mendukung TKDN syaratnya ini justru jadi pendorong pelaku industri dalam negeri. Selama ini memang kita mendapatkan sumber yang kompetitif dari barang yang diimpor, tantangannya itu aja," ujar Wiko.

Let's block ads! (Why?)

from Republika Online RSS Feed https://ift.tt/2OesxTS

Bagikan Berita Ini

0 Response to "TKDN Pertagas Baru 30 Persen"

Post a Comment

Powered by Blogger.