Search

Timnas U-16 Tertinggal 0-1 dari Vietnam

Gol tendangan bebas indah Khuat Van Kang menjadi pembeda laga babak pertama.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALALUMPUR -- Timnas Indonesia U-16 untuk sementara tertinggal 0-1 dari Vietnam pada laga kedua Grup C Piala AFC 2018. Gol tendangan bebas indah Khuat Van Kang menjadi pembeda laga babak pertama di Stadion Bukit Jalil, Selangor, Malaysia, Senin (24/9).

Timnas U16 tak diperkuat Supriadi pada laga ini. Pemain lincah beroktan tinggi ini mengalami cedera pada laga pertama melawan Iran. Alhasil, posisinya ditempati Mochamad Yudha yang naik dari posisi bek kiri menjadi winger kiri.

Tanpa Supriadi, timnas U-16 kehilangan tusukan berbahaya dari sisi kiri. Serangan lebih banyak dibangun dari sisi kanan atau tengah. 

Meski demikian, timnas U-16 mendapatkan sejumlah peluang akan tetapi, Amiruddin Bagus Kahfi dkk gagal menuntaskannya. Bagus mendapatkan peluang pertama pada menit ke-14 memanfaatkan sodoran bola David Maulana. Tapi tendangannya dari luar kotak penalti diamankan dengan mudah oleh kiper Nguyen Duy Dung. Ia kemudian mendapatkan ruang kosong, tapi pergerakannya dihentikan akibat terlalu lama menahan bola.

Sejumlah kesempatan terus didapatkan timnas U16, tapi tak ada yang benarbenar matang. Pada saat mendominasi laga, timnas U16 harus tertunduk setelah lawannya mencetak gol pada menit ke-31. Berawal dari pelanggaran yang dilakukan Muhammad Salman Alfarid, pengganti Yudha di bek kiri, Vietnam mendapat tendangan bebas di sisi kiri.

Walaupun tidak ideal, ternyata Khuat Van Kang sang eksekutor punya teknik prima untuk memaksimalkannya. Dengan tendangan kaki kiri, ia melepaskan bola sepakan lambung mengarah ke pojok kanan atas gawang. Ernando Tri Sutaryadi berusaha menahan, tapi tak kuasa menahan bola.

Setelah gol ini, pelatih Fakhri Husaini menarik keluar Salman dan memasukkan Hamsa Lestaluhu. Ini membuat Yudha kembali mengisi pos bek kiri, sementara Hamsa mengisi sayap kiri.

Bukannya menyamakan kedudukan, timnas U16 beruntung tak kembali kebobolan. Semenit menjelang babak pertama berakhir, Ernando menggagalkan Hau yang tinggal berhadapan dengannya. Sepakan Hau ditahan dengan kakinya untuk menjaga skor 0-1 pada babak pertama.

Let's block ads! (Why?)

from Republika Online RSS Feed https://ift.tt/2NDHyPl

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Timnas U-16 Tertinggal 0-1 dari Vietnam"

Post a Comment

Powered by Blogger.