Search

Ujicoba Carpooling ASN Diprotes Pengelola Angkot

Angkot pun boleh ikut ujicoba dalam penerapan carpooling ini jika tertarik

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung mulai mengujicoba program carpooling, Senin (11/3). Lewat program ini Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Dishub Kota Bandung diwajibkan berbagi kendaraan untuk berangkat kerja. Kebijakan ini pun menuai protes dari pengelola angkutan kota (angkot) karena bekerjasama dengan penyedia jasa transportasi online Grab.

Kepala Dishub Kota Bandung Didi Ruswandi mengatakan kebijakan carpooling ini masih sebatas ujicoba selama sepekan ini. Hasil ujicoba akan menjadi evaluasi keberlanjutan program. Menurut Didi, program ini terbuka bagi semua penyedia jasa transportasi yang tertarik menerapkan carpooling. Bukan hanya terbatas untuk Grab saja.

"Ini platform terbuka ya siapapun boleh ikut, ini kan ujicoba," kata Didi di Balai Kota Bandung, Senin (11/3).

Menurut Didi, angkot pun boleh ikut ujicoba dalam penerapan carpooling ini jika tertarik. Karena maksud penerapan kebijakan ini adalah sebagai upaya mengurangi kemacetan dengan berbagi kendaraan menuju lokasi tujuan.

Ia mengatakan pihak penyedia jasa transportasi bisa mendatangi kantornya untuk ujicoba. Carpooling nantinya bisa dilakukan ujicoba di dinas lainnya atau bahkan ke kantor-kantor. Ia menuturkan sebelumnya sudah pernah mengujicoba carpooling dengan angkot. Ujicoba sudah dilakukan di kalangan siswa ke sekolah-sekolah.

"Kita pernah carpooling dengan angkot, angkot to school, sudah ujicoba di SMPN 26. Hasilnya bagus cuma permasalahannya ini belum ada tindaklanjut. Padahal siswanya ada yang sebagian mau bayar setelah digratiskan itu. Nah ini belum ada tindak lanjut," tuturnya.

Ia menambahkan carpooling menjadi bentuk pemancing untuk menggunakan transportasi publik lainnya. Harapannya, termasuk angkot pun akan menjadi salah satu kebutuhan masyarakat ke depannya.

Ia mengatakan Carpooling menjadi salah satu metode mengalihkan kendaraan pribadi pada transportasi umum. Di samping ada upaya-upaya lainnya yang juga dilakukan Pemkot Bandung.

Selama ujicoba carpooling, ada 15 unit Grabcar yang disiapkan melalui kerjasama program CSR ini. Ada beberapa titik kumpul yang bisa menjemput para ASN dishub diantara di Terminal Leuwipanjang, Terminal Cicaheum, juga Antapani. Selama lima hari ujicoba diberlakukan pada ASN Dishub Kota Bandung. Nantinya hasil evaluasi akam menentukan keberlannutan program tersebut.

Let's block ads! (Why?)

from Republika Online RSS Feed https://ift.tt/2J3RfER

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ujicoba Carpooling ASN Diprotes Pengelola Angkot"

Post a Comment

Powered by Blogger.