Search

PSSI: Piala Presiden 2019 Digelar di Lima Kota

Rencananya, 20 klub peserta bakal mengisi ajang ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PSSI memastikan kick off perdana Piala Presiden 2019 berlangsung pada 2 Maret. Federasi sepak bola Tanah Air ini juga memastikan lima kota sebagai tuan rumah gelaran pramusim Liga 1 2019 tersebut. 

Rencananya, 20 klub peserta bakal mengisi ajang ini. Direktur Humas dan Pemberitaan PSSI Gatot Widakdo menerangkan, lima kota tuan rumah tersebut, yakni Bandung, Bekasi, Malang, Magelang, dan Sleman.

“Jadi nanti 20 tim akan dibagi ke lima kota tuan rumah,” kata Gatot di Jakarta, Kamis (14/2). 

Namun, Gatot menambahkan, PSSI belum melakukan undian terkait pembagian grup. Pada 18 Februari mendatang, PSSI baru akan melakukan finalisasi Piala Presiden. Termasuk soal pembagian grup dan klub tuan rumah pada masing-masing grup tersebut.

Menyangkut soal klub peserta, Gatot menambahkan, PSSI merencanakan gelaran pramusim tersebut mengambil format seperti musim-musim sebelumnya. Peserta berasal dari kontestan Liga 1 dan ditambah sejumlah tim dari Liga 2 yang promosi ke kasta utama. Dengan begitu, tim-tim seperti PSS Sleman, Kalteng Putera FC, dan Semen Padang FC dapat ambil bagian. 

Tetapi kata Gatot, soal klub peserta tersebut, belum pasti. “Belum, karena PSSI harus terlebih dahulu meminta konfirmasi kesedian ikut dari klub-klub tersebut. Itu yang masih dirapatkan dan menunggu finalisasi,” sambung dia. 

Yang pasti, kata dia, Piala Presiden direncanakan final sebelum Pemilu 2019, yakni pada 12 April. Adapun Pemilu 2019 terjadwal pada 17 April.

Piala Presiden menjadi tradasisi gelaran turnamen pramusim Liga 1. Turnamen tersebut dimulai pertama kali pada 2016 saat kompetisi kasta utama nasional vakum akibat PSSI terkena skorsing FIFA.

Musim pertama, Persib Bandung menjadi juara.  Pada Piala Presiden 2017, Arema FC berhasil angkat trofi. Pada 2018, Persija Jakarta yang tampil sebagai juara. 

Usai gelaran Liga 1 2018, PSSI sebetulnya tak merencanakan gelaran Piala Presiden 2019. Akan tetapi, waktu libur yang panjang sebelum Liga 1 2019 digelar menjadi alasan perlunya kembali gelaran Piala Presiden. Liga 1 2018, rampung pada Desember tahun lalu. Sedangkan Liga 1 2019, rencananya baru kick off pada Mei 2019.

Let's block ads! (Why?)

from Republika Online RSS Feed http://bit.ly/2X1lijA

Bagikan Berita Ini

0 Response to "PSSI: Piala Presiden 2019 Digelar di Lima Kota"

Post a Comment

Powered by Blogger.