Search

Ribuan Pelajar SD Ramaikan Kompetisi Sains KSNR 2019

Kompetisi KSNR kemungkinan digelar tahunan.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dunia pendidikan di Indonesia kembali diramaikan oleh perhelatan Kompetisi Sains Nalaria Realistik (KSNR) Se-Indonesia. Ajang yang pertama kali digelar, Ahad (27/1) ini diikuti 5.983 pelajar kelas 4-6 SD.

KSNR ini merupakan sebuah kompetisi baru tingkat nasional dibidang sains yang digagas Klinik Pendidikan MIPA (KPM). Event ini belum pernah diadakan pada tahun-tahun sebelumnya. KPM menggelar sebuah kompetisi khusus dalam bidang sains, selain yang sudah rutin terselenggara, yaitu Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) dan OIimpiade Matematika dan Sains Indonesia (OMSI).

Kepala Divisi Lomba KPM M. Fachri mengatakan kegiatan ini bertujuan membangun budaya kompetisi yang sehat dan jujur serta meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran sains. “Belum banyaknya kompetisi sains di Indonesia menjadikan KSNR sebagai wadah untuk menguji kompetisi siswa di bidang Sains,” ujar Fachri.

Fachri menambahkan, event perdana dengan konsep bayaran seikhlasnya ini mampu melahirkan para saintis muda yang mampu berkiprah di kancah nasional maupun internasional. Melihat suksesnya event tersebut, KPM tak menutup kemungkinan akan menjadikan KSNR sebagai event tahunan.

 “Semoga tahun depan bisa diadakan kembali,” kata Fachri.

Fachri juga tak menyangka jumlah peserta bisa mencapai angka 5.983 orang. Hal ini mengindikasikan antusiasme yang tinggi dari para peserta. Bahkan, tercatat para peserta KSNR  tersebar di 12 provinsi dan 39 kota/kabupaten.

Dengan tetap mengusung bayaran seikhlasnya, babak final event KSNR akan diselenggarakan pada tanggal 24 Maret. Peserta yang meraih penghargaan terbaik berkesempatan mengikuti event internasional, yakni International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) dan International Science Competition (ISC) 2019.

Komitmen KPM untuk menghadirkan kompetisi berkualitas tak hanya membidik kalangan pelajar saja. Pada tanggal 24 Februari mendatang, KPM juga akan menghelat Olimpiade Guru Olimpiade (OGM) Se-Indonesia Ke-4.

Let's block ads! (Why?)

from Republika Online RSS Feed http://bit.ly/2DCzbNB

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ribuan Pelajar SD Ramaikan Kompetisi Sains KSNR 2019"

Post a Comment

Powered by Blogger.