Search

Jokowi Sebut Pentingnya Integrasi Infrastruktur Transportasi

Jokowi menilai hal itu mendorong pertumbuhan ekonomi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa pembangunan dan integrasi infrastruktur transportasi, seperti jalan tol dan bandara, akan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah. Jokowi ingin pengembangan perekonomian tidak hanya terpusat di kota-kota besar, namun juga di daerah-daerah.

"Misalnya yang sudah dibangun jalan tol. Kita akan integrasikan jalan tol ini dengan pelabuhan, kita integrasikan jalan tol ke kawasan industri, kita integrasikan jalan tol ke kawasan ekonomi khusus, kita integrasikan jalan tol ini dengan kawasan wisata. Sehingga kawasan-kawasan yang terlewati oleh jalan tol ini ikut berkembang," kata Presiden dalam acara Visi Presiden yang disiarkan sejumlah stasiun televisi swasta Indonesia pada Ahad (14/1).

Menurut Presiden, pengembangan pusat-pusat perekonomian tidak hanya di kota-kota besar, melainkan juga di daerah-daerah. Dengan transportasi yang semakin baik maka kawasan industri akan terdorong untuk tumbuh serta memberikan lapangan kerja bagi daerah-daerah.

Jokowi menyebutkan terdapat beberapa contoh kawasan industri yang akan dibangun dekat jalan tol yakni di Kabupaten Ngawi seluas 200 hektare, serta kawasan industri di Kabupaten Nganjuk seluas 400 hektare. Selain itu, kawasan wisata juga dapat menjadi titik ekonomi baru yang tumbuh dengan terbangunnya jalan tol atau bandara.

"Juga yang berkaitan dengan pelabuhan. Pelabuhan tadi kalau terintegrasi dengan kawasan wisata juga sama, orang bisa datang ke pulau itu yang memiliki pantai wisata bagus, sehingga wisatawan gampang datang ke kawasan wisata di negara kita," ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan dirinya bersyukur dapat membangun infrastruktur secara merata di Tanah Air.  Ia berharap upaya itu menjadi lompatan besar bagi Indonesia untuk maju menjadi bangsa yang lebih baik. Selain itu, Kepala Negara juga mengungkap pemerintah akan melanjutkan pembangunan Sumber Daya Manusia pada 2019 sebagai fondasi meningkatkan daya saing bangsa dan berkompetisi di tingkat global.

Let's block ads! (Why?)

from Republika Online RSS Feed http://bit.ly/2TLd7oY

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jokowi Sebut Pentingnya Integrasi Infrastruktur Transportasi"

Post a Comment

Powered by Blogger.