Search

Washington Post Tuntut Saudi Ungkap Kasus Hilangnya Jurnalis

AS diminta menangguhkan semua kerja sama militer dengan Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON – The Washington Post mendesak Amerika Serikat menuntut jawaban Arab Saudi atas kasus hilangnya Jamal Khashoggi . Hal itu diutarakan Washington Post dalam editorialnya.

“AS sekarang harus melakukan upaya bersama untuk menentukan semua fakta tentang hilangnya Khashoggi,” kata Washington Post dalam editorialnya seraya meminta Pemerintah AS menuntut jawaban keras dan jelas dari Saudi, seperti dikutip laman Al Arabiya pada Senin (8/10).

Washington Post mengatakan Presiden AS Donald Trump telah memperlakukan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) sebagai mitra dan sekutu yang disukainya. Menurutnya, perlakuan tersebut layak dibalas Saudi dengan memberikan informasi tentang keberadaan Khashoggi.

“Jika putra mahkota tidak menanggapi dengan kerja sama penuh, Kongres harus, sebagai langkah pertama, menangguhkan semua kerja sama militer dengan kerajaan (Saudi),” kata Washington Post.

Washington Post pun menyerukan Saudi menjelaskan kehadiran sekitar 15 warganya, beberapa di antaranya adalah pejabat, di hari yang sama saat Khashoggi mendatangi konsulat jenderal Saudi di Istanbul, Turki. Ia juga meminta Turki membeberkan bukti apa pun yang didapatkan dari hasil penyelidikan hilangnya Khashoggi.

Khashoggi merupakan jurnalis kondang Saudi yang kini menjadi kolumnis di The Washington Post. Selama berkarier sebagai jurnalis, dia diketahui kerap melayangkan kritik tajam terhadap kebijakan-kebijakan yang diambil Pemerintah Saudi. Pangeran MBS yang dipuji karena dianggap melakukan reformasi sosial di Saudi, tak luput dari kritikannya.

Khashoggi dilaporkan hilang saat mendatangi gedung konsulat jenderal Saudi di Istanbul pada 2 Oktober. Pejabat kepolisian Turki mengklaim bahwa Khashoggi telah dibunuh di dalam gedung konsulat. Namun, tudingan tersebut segera dibantah oleh pejabat konsulat Saudi di Istanbul.

Baca: Trump Komentari Kasus Hilangnya Jurnalis Saudi di Turki

Let's block ads! (Why?)

from Republika Online RSS Feed https://ift.tt/2C33X1I

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Washington Post Tuntut Saudi Ungkap Kasus Hilangnya Jurnalis"

Post a Comment

Powered by Blogger.