Search

Rahasia Masak Sedap Koki Resto

Salah satu koki mengungkap penggunaan MSG bisa meningkatkan rasa hidangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika berkunjung ke sebuah rumah makan, biasanya ada rasa ingin mencicipi seluruh makanan yang disajikan. Namun terkadang, ketika mencobanya terasa kurang pas. Penyebabnya mungkin karena tidak adanya bahan rahasia yang dipakai koki rumah makan.

Bahan-bahan rahasia ini biasanya dapat meningkatkan rasa dari hidangan apapun. Para koki sekarang membagikan ‘resep rahasia’ mereka dalam situs tanya jawab Quora dalam unggahan berjudul “Apa bahan utama rahasia nomor satu Anda?".

Dilansir dari The Independent, koki Jordi Bross mengatakan terdapat satu bahan yang tidak dapat ia tinggalkan ketika memasak. Apakah itu? Jawabannya adalah kaldu.

“(Kaldu) penting untuk masakan barat dan sebagian besar makanan lain di seluruh dunia. Selain itu juga sangat penting untuk mendapatkan rasa yang memadai dalam beragam macam hidangan. Kaldu merupakan bahan utama dari beragam saus dan olahan lainnya,” tulis Bross.

Bross bukanlah satu-satunya koki yang menganggap pentingnya penggunaan kaldu dalam proses masak memasak. Para koki lain juga setuju bahwa kaldu merupakan bahan penting yang dapat meningkatkan rasa hidangan secara signifikan.

Salah satu koki, Natt Soini, mengungkapkan bahwa monosodium glutamate (MSG) adalah bahan rahasianya. Ia menganggap bahwa penambah rasa tersebut seharusnya tidak memiliki reputasi yang buruk. Anggapan bahwa MSG buruk bagi kesehatan hanyalah mitos belaka.

“(MSG) setengah sendok akan benar-benar membuat rasa umami keluar. Bahkan lebih terasa dibandingkan ketika Anda hanya menambahkan garam atau gula,” tulis Soini.

MSG adalah bumbu yang selalu digunakan dalam membuat masakan. Namun akhir-akhir ini MSG menjadi sangat kontroversial setelah dikaitkan dengan efek samping seperti mual dan nyeri dada. Food and Drug Administration mengklasifikasikan MSG sebagai bahan yang aman untuk dikonsumsi, tetapi harus tertera dalam label makanan.

Sementara umami, menurut laman Umami Information Center, adalah rasa kelima setelah manis, asam, asin, dan pahit. Rasa-rasa ini adalah rasa unik yang tidak dapat dibuat dengan menggabungkan rasa lain, dan dikenal sebagai rasa dasar.

Umami adalah istilah umum yang digunakan untuk zat yang menggabungkan asam amino glutamat dan/atau nukleotida inosinat dan guanylate, dengan mineral seperti natrium dan kalium. Kata “umami” berasal dari bahasa Jepang dan merupakan sebuah ekspresi untuk menggambarkan “umai” yang dapat diartikan menjadi “kelezatan” dan “kelezatan”.

Bumbu rahasia lain yang ditambahkan untuk meningkatkan cita rasa adalah kecap, saus ikan, gula, dan cuka. Menurut koki rumahan Chelsea Westmoreland, cuka sering kali dibutuhkan oleh suatu hidangan ketika hidangan terasa agak hambar.

Menurutnya, hanya dengan menambahkan garam tidak akan menyelesaikan masalah. Namun, bagi koki Ralph Oei, mayones merupakan bahan yang integral karena menambahkan keasaman, kemanisan, keasinan, dan kehalusan.

Let's block ads! (Why?)

from Republika Online RSS Feed https://ift.tt/2CrDn4f

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rahasia Masak Sedap Koki Resto"

Post a Comment

Powered by Blogger.