Search

KB-TK Bosowa Bina Insani Gelar Latihan Manasik Haji

IHRAM.CO.ID, BOGOR – Kelompok Bermain-Taman Kanak-kanak (KB-TK) Bosowa Bina Insani menggelar latihan manasik haji. Kegiatan tersebut diadakan di sekolah KB-TK Bosowa Bina Insani (BBI) Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/8).

Latihan manasik haji itu dibuka secara resmi oleh Manajer Islamic Studies Sekolah Bosowa Bina Insani (SBBI), Dr M Sudrajat MPd. “Latihan manasik haji merupakan agenda rutin siswa KB-TK BBI setiap awal semester ganjil,” kata Sudrajat, Jumat (31/8).

Ia menambahkan, latihan manasik haji tersebut bertujuan untuk memberikan  pengetahuan dan pengalaman praktik atau simulasi ibadah haji dan umrah bagi para siswa KB-TK BBI.  “Sekaligus sebagai bekal pengetahuan bagi siswa ketika suatu hari nanti mereka melaksanakan ibadah haji maupun umrah,” tutur Sudrajat.

Latihan manasik haji itu dihadiri oleh Kepala KB-TK Bosowa Bina Insani, Femy Balty, dan Ketua Parents Association Bosowa Bina Insani (PABBI) KB-TK SBBI.

Latihan manasik haji itu dibimbing oleh para guru KB-TK BBI. Selama latihan manasik haji tersebut, guru KB-TK BBI menerangkan tentang makna tiap tahapan latihan manasik haji, sambil membimbing para siswa melaksanakan tahapan demi tahapan manasik haji tersebut.

Dalam melaksanakan latihan manasik itu, para siswa mengenakan pakaian ihram. Latihan manasik itu dimulai dengan mengambil miqat. Kemudian siswa menuju Padang Arafah untuk melaksanakan wukuf.  Setelah itu, mereka berangkat ke Muzdalifah untuk mengambil batu kerikil.

Selanjutnya, siswa menuju Mina dan melempar jumrah ula, wustha dan aqabah. Seusai melempar jumrah, para siswa menuju Ka’bah untuk melaksanakan thawaf (mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali) dan sunnah dua rakaat di depan Ka’bah. Siswa istirahat sejenak untuk minum air zam zam.

Barulah kemudian para peserta latihan manasik haji itu melaksanakan sa’i (berlari-lari kecil dari Bukit Shofa ke Bukit Marwah. Latihan manasik haji itu ditutup dengan tahalul (menggunting sebagian rambut kepala).

Berita Terkait


Let's block ads! (Why?)

from Republika Online RSS Feed https://ift.tt/2wDnPVA

Bagikan Berita Ini

0 Response to "KB-TK Bosowa Bina Insani Gelar Latihan Manasik Haji"

Post a Comment

Powered by Blogger.